Sosialiasi Aplikasi E-Court kepada Pengguna Aplikasi E-Court / Advokat yang bertugas di wilayah hukum Pengadilan Negeri Ranai Kelas II

RANAI, - Pengadilan Negeri Ranai Kelas II telah melaksanakan sosialisasi e-Court (e-Filling, e-summon, dan e-payment), yaitu sistem administrasi perkara di pengadilan secara elektronik, ‎bersama seluruh advokat yang bertugas di wilayah hukum Pengadilan Negeri Ranai Kelas II.
 
Sosialisasi e-Court dibuka oleh Bapak Ketua PN Ranai, Sahat S.P. Banjarnahor,S.H.,M.H, dan dihadiri oleh Para Advokat, Kepala BRI Unit Ranai-Natuna, serta seluruh Karyawan/ wati baik para Hakim, Pegawai, PPNPN di kantor PN Ranai dan Mahasiswa STAI Natuna yang sedang praktek kerja lapangan.

Adapun yang menjadi Tim Sosialiasi e-Court adalah Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan yang juga menjabat sebagai Plt. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Pengadilan Negeri Ranai, Henry D.S. Sitorus, SH bersama Bait Alvansyah, PPNPN PN Ranai/ Staf Sub Bag PTIP.
 
Ketua Pengadilan Negeri Ranai Kelas II Sahat S.P. Banjarnahor,S.H.,M.H  menyampaikan bahwa PN Ranai sudah menerapkan layanan aplikasi e-Court  secara online terhitung 25 November 2018 yang lalu. 
Penerapan aplikasi administrasi perkara berbasis online tersebut menurut Ketua Pengadilan Negeri Ranai, merupakan implementasi Peraturan Mahkamah Agung No 3 Tahun 2018 tentang Pedoman Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. Dengan adanya aplikasi e-Court, tentunya akan lebih memudahkan mendaftarkan perkara di Pengadilan Negeri Ranai secara online, perkara akan teregistrasi dan tinggal menunggu jadwal persidangan.
 
Penerapan aplikasi e-Court secara online dapat mencegah praktik pungutan liar di Pengadilan Negeri Ranai karena dengan pemberlakuan sistem tersebut mampu meminimalisasi terjadinya pertemuan antara pendaftar / pihak pencari keadilan dengan pihak Pengadilan.
 
"Dengan aplikasi e-Court, kita memberikan kemudahan bagi pihak berperkara yang akan mendaftarkan gugatannya di Pengadilan. Mereka (pihak berperkara/penggugat) bisa daftar secara online, tanpa harus datang ke Pengadilan,"

“Kini dari kantor atau rumah, sudah bisa lakukan pengiriman pendaftaran gugatan secara elektronik. Sistem ini mewujudnyatakan asas peradilan cepat dan berbiaya ringan. Untuk pelaksanaan Sidang pertama penggugat dan tergugat harus hadir. Jawaban atas gugatan, reflik, duplik tidak perlu hadir di perisdangan. Untuk pembuktian baru hadir kedua belah pihak sampai dengan acata putusan. Jadi sudah banyak waktu dan biaya yang dihemat," tambahnya.
 
Seiring dengan itu, Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan yang juga menjabat sebagai Plt. Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Pengadilan Negeri Ranai, Henry D.S. Sitorus, SH juga memaparkan, aplikasi e-Court sudah mengatur mulai dari pengguna layanan administrasi perkara, pendaftaran administrasi perkara, pemanggilan pihak, penerbitan salinan putusan, dan tata kelola administrasi, pembayaran biaya perkara yang seluruhnya dilakukan secara elektronik/online saat mengajukan perkara perdata (untuk saat ini masih terbatas pada perkara perdata gugatan) di Pengadilan Negeri Ranai.
 
"Bagi yang berada di luar daerah, pengacara tidak perlu lagi datang ke Pengadilan Negeri Ranai untuk mendaftarkan pengajuan gugatan karena sudah bisa melalui aplikasi e-Court yang terakses langsung dengan Mahkamah Agung (MA). Namun memang sampai pada hari ini penerapannya masih hanya dapat dimanfaatkan oleh para pengacara atau advokat," jelasnya.
 


                Terkait pembayaran biaya pendaftaran perkara dan biaya lainya selama persidangan sudah bisa dibayarkan melalui rekening virtual (virtual account) penampungan sementara biaya perkara hasil kerjasama Pengadilan Negeri Ranai dengan Bank BRI Unit Ranai-Natuna yang menunjukan keseriusannya dalam membantu penerapan aplikasi e-Court pada Pengadilan Negeri Ranai Kelas II.

 

 

 
"Kita berterimakasih kepada Bank BRI Unit Ranai  atas kerja samanya. Semoga kerjasama ini akan berlanjut di kegiatan lainnya," tambahnya.


 

TIM IT PN RANAI

Berita

Tulis email kamu untuk berlangganan berita Pengadilan Negeri Ranai